Salah satu bagian masjid yang sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung adalah kubahnya. Desain kubah masjid yang beragam menjadikan bangunan-bangunan masjid yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia berbeda-beda. Ada sejumlah masjid yang memiliki kubah masjid bergaya tradisional dan banyak juga bangunan masjid yang dihiasi dengan kubah modern. Apapun jenis kubah yang dipasang di atas bangunan inti masjid, tentunya akan disesuaikan dengan gaya arsitektur masjid itu sendiri. Kubah itu sendiri merupakan karya arsitektur tertua di dunia dan telah lama ada untuk melengkapi keindahan dan keagungan bangunan-bangunan megah dunia. Kubah adalah sebuah simbol derajat dan keagungan yang tinggi. Tak heran jika kubah tidak sembarang diaplikasikan pada bangunan-bangunan biasa. Kubah hanya dapat dijumpai pada bangunan-bangunan megah nan istimewa serta bernilai. Kubah sendiri memiliki cukup banyak variasi bentuk. Sedikitnya ada 13 jenis kubah dilihat dari bentuknya.

  1. Kubah Berumbi

kubah berumbi taj mahal

Desain kubah berumbi memiliki bentuk yang sederhana. Bentuknya sangat mirip dengan bentuk belahan Bumi atau separuh Bumi; hanya saja pada bagian bawahnya sedikit memanjang serta pada bagian ujungnya dibuat meruncing seperti bentuk tunas umbi yang sedang tumbuh. Contoh bentuk  kubah berumbi yaitu kubah pada bangunan Taj Mahal di India. Bentuk kubah yang serupa juga banyak dijumpai di sebagian besar bangunan masjid di Mesir.

2. Kubah Biara

kubah biara

Desain kubah Biara mungkin tidak terlihat seperti bentuk kubah pada umumnya jika dilihat dari luar, akan tetapi jenis kubah ini akan terlihat layaknya sebuah kubah jika dilihat dari bawah kubah. Bentuk dasar dari Kubah Biara ini adalah persegi. Kubah ini memiliki rangka sudut dan permukaaa kubah berupa bidang lengkung. Kubah Biara tidak hanya dipasang pada bagian atap bangunan utama, melainkan juga sering dijadikan sebagai desain ceiling pada bangunan berbentuk lorong. Sesuai dengan namanya, Kubah Biara diambil dari sejarah di mana bentuk Kubah Biara ini banyak dijumpai pada bangunan-bangunan biara kuno, khususnya bangunan-bangunan masa Renaissance.

3. Kubah Bersusun

Desain kubah susun memiliki dua buah susun kubah pada satu atap. Jenis kubah seperti ini sudah jarang dijumpai dan diaplikasikan. Padahal bentuk kubah sangat unik, yaitu seperti dua buah kubah yang ditumpuk. Kubah atas umumnya memiliki ujung yang runcing, sedangkan kubah bawah hanya terlihat memiliki sisi yang melengkung. Kubah susun ini banyak dijumpai pada bangunan-bangunan di masa Bizantium.

4. Kubah Bentuk Panah Menyilang

kubah panah menyilang

Pernah melihat kubah Masjid Agung Cordoba yang begitu terkenal di Spanyol? Benar sekali, kubah pada bangunan Masjid Agung Cordoba tak lain adalah jenis Desain kubah panah menyilang. Pada bagian kolong kubah terdapat garis-garis yang tidak saling memotong, melainkan saling bertemu di banyak titik sehingga membentuk pola geometris kotak. Beberapa garis ini kemudian seolah membentuk bintang.

5. Kubah Geodesik

kubah geodesik

Desain kubah geodesik tergolong sangat unik karena bentuknya tak sepenuhnya bulat halus, melainkan terdiri dari banyak bilah datar yang menyatu hingga berbentuk polihedral. Kubah semacam ini seringnya diaplikasikan untuk bangunan monumen. Cukup banyak juga masjid yang memiliki bentuk kubah yang satu ini.

6. Kubah Setengah Lingkaran

Sesuai dengan namanya, Desain kubah ini memiliki bentuk setengah lingkaran dan kubah dengan bentuk seperti ini pertama kali ditemukan di Asyiria. Desain kubah ini lalu dikembangkan lagi hingga memiliki pola standard oleh para arsitek asli Roma. Dan tahukah Anda, kubah setengah lingkaran ini pertama kali dibuat oleh seorang ahli Matematika asal Yunani.

Itulah beberapa macam desain masjid diantara 12 macam desain kubah masjid di dunia. Nantikan kelanjutannya di artikel berikutnya. Anda menyukai artikel ini? silahkan share di Facebook, Twitter, dan G+. Hubungi kami untuk berkonsultasi tentang kubah masjid secara gratis. Anda bisa menghubungi kami via halaman Hubungi Kami.

Nilai Kualitas Konten