4/5 (1)

Indonesia selain terkenal dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam, juga terkenal karena keindahan dan banyaknya masjid yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Keindahan masjid di Indonesia tidak kalah dengan masjid-masjid di negara lain. Selain indah, bangunan masjid di Indonesia juga banyak yang terbilang unik. Diantaranya adalah masjid An Nurumi di Jogjakarta.

Bangunan Kremin Di Jogjakarta

Masjid An Nurumi dibangun di jalan raya Solo – Jogjakarta, tepatnya di KM 15 Candisari, Kalasan, Sleman. Masjid An Nurumi di Jogjakarta ini dibangun di atas tanah seluas 700 meter persegi oleh seorang pengusaha ayam goreng. Bangunan masjid memang meniru gaya bangunan kuno Kremin di kota Moskow, Rusia. Bangunan ini dibangun selama 2 tahun.

Sejarah bangunan masjid An Nurumi di Jogjakarta ini berasal dari nazar keluarga Hajad Umi Nursalim. Saat itu keluarga Hajad Umi Nursalim sepulang dari umroh berkunjung  ke Rusia dan melihat bangunan Katredral Saint Basil. Sejak itu timbul keinginan untuk mendirikan masjid menyerupai bangunan tersebut.

Keunikan Kubah Masjid An Nurumi

Tidak hanya  Rusia yang mempunyai kubah gendut, namun di Indonesia juga ada bangunan dengan kubah gendut berwarna-warni layaknya pelangi. Meskipun bangunan masjid An Nurumi di Jogjakarta tidak sebesar bangunan kremin di Rusia.  Masjid ini mempunyai bangunan kubah yang unik, apa saja keunikannya? Berikut informasi selengkapnya.

  1. Kubah dengan 9 menara

Masjid An Nurumi di Jogjakarta dibangun dengan 9 menara di atasnya. Jumlah dari menara itu berfilosofi pada penyebaran agama islam di tanah jawa yang dilakukan oleh 9 wali. Kesembilan kubah tersebut terdiri dari 8 kubah kecil yang mengelilingi satu kubah besar.

  1. Kubah warna-warni

Masjid An Nurumi di Jogjakarta ini biasa disebut juga dengan masjid permen. Kubahnya yang warna-warni menyerupai permen. Bahkan ada yang mengira, masjid ini adalah bangunan yang dipergunakan untuk toko oleh-oleh. Melihat masjid ini kita akan dibawa pada pemandangan indah kota Moskow, tepatnya bangunan katedral saint basil.

  1. Kaligrafi Al-Qur’an di dalam kubah

Jika biasanya kaligrafi Al-Qur’an akan diletakkan di dinding masjid atau bagian yang datar. Tetapi tidak untuk kaligrafi yang ada di masjid An Nurumi di Jogjakarta ini. Di masjid An Nurumi, kaligrafi-kaligrafi tersebut dilukis di dalam kubah terbesar dari bawah hingga puncak kubah. Selain itu keunikannya juga ada pada pelukisannya, yaitu dilukis dengan berbagai warna yang menarik.

Meski bangunan masjid An Nurumi di Jogjakarta terbilang kecil, namun sudah memberi manfaat yang sangat besar untuk warga sekitar juga untuk orang-orang yang melakukan perjalanan. Terlebih bagi para umat Islam yang akan beribadah.

Penasaran dengan masjid ini? Jika berkesempatan melewati jalan raya Solo-Jogjakarta, sempatkanlah untuk berkunjung ke masjid An Nurumi di Jogjakarta ini.

Nilai Kualitas Konten