Kubah merupakan arsitektur bagian atap masjid yang bentuknya memiliki ciri khas tertentu. Di mana kubah ada yang berbentuk seperti bentuk lancip di bagian atasnya, berbentuk seperti bawang dan lainĀ  sebagainya. Di zaman yang modern saat ini, penggunaan bentuk kubah masjid sendiri semakin bervariasi tentunya dibalut dengan bahan-bahan yang juga bervariasi. Salah satu bahan yang digunakan untuk kubah masjid adalah kubah bahan GRC. GRC sendiri merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforce Cement. Banyak masjid yang memanfaatkan bahan GRC ini pada material kubahnya.

Keunggulan Kubah Bahan GRC

Kubah berbahan GRC sendiri terbilang berkualitas, terukur dan cara kerjanya begitu rapi. Pemilihan kubah berbahan GRC ini termasuk pilihan paling ideal sebab menawarkan banyak sekali keunggulan. Material GRC sendiri termasuk material paling ideal diterapkan untuk kubah masjid baik di saat ini maupun di masa depan. Melalui pemilihan kubah GRC pada masjid tentunya menentukan pilihan pada pola berikut desain bangunan masjid yang hendak dibangun. Di samping itu, jika dibandingkan dengan proses pembuatan kubah lewat teknik cor yang memakan banyak anggaran tentu kubah bermaterial bahan GRC paling tepat untuk dipilih. Di samping itu teknik cor tergolong berbobot lebih berat untuk struktur pada dasar bagunan.

Hal ini berbeda dengan material kubah masjid dari GRC yang mempunyai bobot lebih ringan sebab terbuat dari material komposit. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat ulasan keunggulan kubah bahan GRC seperti berikut ini :

  1. Lebih Mudah Pemasangannya

Kubah masjid berbahan GRC memiliki keunggulan dalam hal pemasangan. Di mana kubah berbahan GRC ini pemasangannya menjadi lebih mudah sehingga hanya memerlukan jumlah tenaga kerja yang sedikit. Adapun hal tersebut disebabkan di pasang dengan merangkai bagian lembaran-lembaran pada kubah yang telah dicetak terlebih dulu.

  1. Berat Lebih Ringan

Kubah bahan GRC mempunyai bobot atau berat lebih ringan sebab bahan dasar pembuatannya adalah komposit. Hal ini memberikan keuntungan di mana tak akan membebani struktur bangunan bagian dasarnya.

Baca juga : Pemilihan Bahan Kubah Masjid Gaya Modern Paling Tepat

  1. Lebih Hemat Biaya

Bila dibandingkan kubah masjid dari teknik cor, kubah yang berbahan GRC ini hanya membutuhkan biaya yang lebih murah serta lebih hemat. Hal ini tentunya bisa meminimalisir budget pembangunan masjid.

  1. Ketahanan Lebih Baik

Ada banyak keunggulan yang dimiliki kubah berbahan GRC ini, yakni lebih tahan terhadap jamur, sinar ultraviolet, tak mudah lapuk serta pengecatannya menjadi lebih mudah. Di smaping itu, kubah masjid yang berbahan GRC ini lebiha anti benturan serta ramah terhadap lingkungan. Tentunya kelebihan ini memberikan peranan yang begitu penting bagi lingkungan serta struktur bangunan masjid itu sendiri.

Melalui keunggulan yang dimiliki dari bahan kubah masjid GRC ini, tentunya tak heran jika banyak orang yang lebih memilih bahan tersebut untuk diaplikasikan pada pembangunan masjid. Hal yang paling penting adalah, bahan kubah GRC ini tidak sampai memakan biaya yang terlalu besar. Di samping kualitasnya yang begitu mumpuni, tentunya pilihan kubah bahan GRC bisa dijadikan alternatif untuk pembangunan masjid. Dengan banyaknya masjid yang mengaplikasikan kubah bermaterial GRC ini, tentu menjadikan struktur bangunan masjid lebih berkualitas, tidak mudah roboh dan juga membuat masjid lebih kokoh. Apalagi dengan bantuan kubah yang ketahannya sangat baik, dengan begitu bisa meminimalisir biaya pemeliharaan bangunan masjid itu sendiri. Demikianlah ulasan mengenai keunggulan bahan kubah masjid GRC, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Desain Kubah Masjid Modern

Nilai Kualitas Konten