Masjid merupakan salah satu tempat suci untuk ibadah umat Islam. Ada banyak masjid yang memang sengaja dibangun sangat indah dan dengan keunikan yang sanggup mempesona bagi siapapun yang melihat. Tidak heran apabila bangunan tempat ibadah ini mampu menyihir banyak orang untuk mengunjunginya, bahkan dari beberapa orang yang memiliki keyakinan berbeda.

Masjid yang indah dan unik yang akan dibahas pada ulasan kali ini adalah tentang Masjid Jalil Khayat. Masjid ini terletak di Erbil, Irak. Masjid Jalil Khayat ini merupakan masjid terbesar di Irak dan merupakan salah satu masjid terindah di dunia yang terkenal akan keunikan dan kemegahan bangunannya.

Masjid ini didesain oleh arsitek ternama, jadi tidak heran apabila desain dalam struktur bangunan Masjid Jalil Khayat ini mengagumkan. Menurut arsiteknya, Masjid Jalil Khayat ini didesain sedemikian rupa karena sang arsitek terinspirasi dari Masjid Muhammad Ali di Kairo dan Masjid Biru di Istambul. Beliau memadukan kedua desain masjid ini dan memodifikasinya dengan desain yang lebih unik dan megah.

Tidak hanya kemegahan luar masjid saja yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Namun, keindahan yang ada dalam masjid dan terutama pada kubah masjid ini sangat menyihir mata para pengunjungnya. Banyak para pengunjung dari berbagai belahan dunia yang sengaja berkunjung ke Irak untuk menikmati wisata religi melalui Masjid Jalil Khayat ini.

Masjid Jalil Khayat membutuhkan waktu selama bertahun tahun dalam proses pembangunannya. Masjid ini baru selesai dibangun sepuluh tahun yang lalu tepatnya pada 19 Januari 2007. Nama masjid ini diambil dari nama pendirinya yakni Jalil Khayat. Beliau merupakan sosok yang sangat terkenal di Irak.

Masjid yang megah ini dibangun di atas lahan seluas 15.000 meter persegi di pusat Erbil dan mampu menampun 2.000 orang. Masjid ini memiliki aula sebesar 1.200 meter persegi dengan ketinggian sekitar 45 meter. Bangunan yang warna warni ini diapit oleh dua menara setinggi 65 meter yang membuat bangunan ini terlihat semakin menarik, terlebih lagi apabila dilihat dari atas menara.

Dekorasi internal dan eksternal masjid ini dilapisi batu bata dengan perpaduan warna yang elegan. Atap masjid ini terdiri dari beberapa kubah dengan sebuah kubah utama yang sangat besar di atas yang disusun sedemikian rupa sehingga masjid ini mampu menghipnotis pengunjungnya pada pandangan pertama.

Meskipun terdapat beberapa kubah dalam Masjid Jalil Khayat ini, namun dalam setiap kubahnya didesain dengan motif dan ukuran yang berbeda. Setiap kubah disesuaikan dengan bangunan dan dindingnya.

Motif kubah yang berfariasi namun tetap terlihat sederhana dengan dibalut warna yang soft, membuat setiap kubah dalam Masjid Jalil Khayat ini terkesan meneduhkan dan membuat para penikmatnya semakin nyaman berada di dalamnya. Meskipun cuaca di luar panas terik, namun susunan kubah-kubah dalam masjid ini mampu membawa angin yang sejuk ke dalam masjid ini.

Nilai Kualitas Konten