5/5 (1)

GRC atau Glassfibre Reinforce Concrete adalah salah satu jenis bahan baku pembuatan kubah yang popular saat ini. Kubah masjid GRC ini lebih banyak memiliki kemiripan dengan kubah beton. namun perbedaannya adalah pada tampilannya jika dilihat secara kasat mata.
Kubah masjid GRC ini memiliki banyak varian yang akan membuat kita bebas untuk memilih. Keunggulan dari GRC ini juga akan menarik perhatian banyak orang, dimana salah satu keunggulannya adalah lebih ringan dan ulet.

Ringan menjadi salah satu sifat yang menjadikan semua hal di jaman modern ini menjadi lebih mudah. Sifat ringan selain dimiliki oleh bahan baku kubah masjid Enamel dan Galvalum, juga dimiliki oleh bahan baku kubah GRC.
Selain itu, keunggulan lain dari kubah masjid GRC ini adalah lebih kokoh, karena lebih tahan terhadap cuaca ekstrim dan tahan benturan. Kubah ini juga lebih awet. Karena kubah GRC akan bertahan puluhan tahun, sama seperti kubah beton. Berbeda dengan kubah Galvalum yang hanya bertahan sekitar 5 tahunan saja.

(Baca juga : Keunggulan Kubah Bahan GRC Pada Bangunan Masjid)

Kubah masjid GRC juga lebih presisi, yakni terkait dengan bentuk dari cetakan kubah. Kubah GRC lebih teratur cetakannya karena dicetak dengan moulding. Hal ini akan mempengaruhi efisiensi waktu dalam proses pembuatannya.
Lebih fleksibel juga menjadi keunggulan dari kuah GRC ini. karena ragam dan motif dari kubah GRC ini lebih banyak dan bervariasi. Sehingga bentuknya lebih fleksibel. Dan yang pasti, kubah GRC ini lebih terjamin, karena mutu bahan dan pembuatan kubah GRC ini lebih terjamin karena diawasi oleh tenaga-tenaga berpengalaman di bidangnya.

Kubah masjid GRC ini terdiri dari lembaran-lembaran tipis yang selanjutnya mudah untuk dibentuk. Sehingga variasi dari dekorasi kubah GRC ini sangat cantik, unik, serta klasik. Cara pembuatan kubah GRC ini adalah cast in situ yakni terdiri dari beberapa tahapan kerja yang sama dengan cara pembuatan kubah beton.
Tahapan cat in situ pada pembuatan kubah GRC adalah :
1. Mengukur lokasi yang akan dibuat kubah. Hal ini penting untuk mengetahui ukuran pasti pada lokasi sebenarnya, karena GRC akan dicetak dengan teknologi modern di pabriknya.
2. Membuat ukuran frame kubah yang dibuat melengkung
3. Pengelasan rangka dengan teknik full welding
4. Pengecatan dengan teknik zincromate
5. Cladding diberi motif yang menarik
6. Proses finishingnya.

Proses pembuatan kubah masjid GRC ini hampir sama dengan pembuatan kubah Enamel dan kubah Galvalum. Yaitu hanya memakan waktu 1 sampai 2 minggu, sedangkan kubah beton sekitar 2 bulan.
Dilihat dari segi biaya pun, kubah GRC ini lebih menelan banyak daripada kubah Enamel dan Galvalum. Karena memang kubah GRC ini sangat megah dan kekokohannya mendekati kubah beton. Kubah masjid GRC ini bisa dijadikan pilihan kubah terbaik untuk tampilan masjid lokal bergaya internasional.
Anda mencari kontraktor kubah masjid untuk pembangunan kubah masjid Anda? hubungi kami untuk mendapatkan harga kubah termurah dengan kualitas nomor satu. Telp/sms/WA : 082333252941

Nilai Kualitas Konten