Ketika membahas mengenai kubah masjid, kita akan sering mendengar mengenai kubah enamel dan kubah galvalum. Sebagai orang awam tentu tidak paham mengenai kedua jenis kubah tersebut, padahal ini sangat penting sebagai pertimbangan ketika ingin membuat sebuah kubah. Nah berikut ini adalah informasi mengenai perbedaan kubah enamel dan kubah galvalum yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Pada dasarnya perbedaan kubah enamel dan kubah galvalum terletak pada kandungan bahannya. Untuk jenis kubah enamel memiliki kandungan coating dan porselin. Sedangkan kubah galvalum memiliki kandungan silicon, alumunium dan zinc. Baik kandungan pada bahan enamel maupun galvalum semua memiliki kelebihan yang sama yaitu kuat terhadap panas matahari.

Hanya saja dalam hal tingkat kekuatannya agak sedikit berbeda. Jenis kubah enamel memiliki daya tahan yang lebih tinggi terhadap panas matahari sehingga sangat tepat ketika digunakan di negara tropis seperti Indonesia ini. Kubah enamel tersebut mampu bertahan sampai suhu 8000 cc, sedangkan jenis kubah galvalum hanya bertahan dalam suhu 3300 saja.

Selain mengenai kekuatan terhadap suhu panas, perbedaan kubah enamel dan kubah galvalum lain adalah mengenai daya tahannya terhadap cat. Jenis enamel memiliki daya tahan yang lebih tinggi sehingga mampu bertahan hingga puluhan tahun. Hal ini disebabkan proses pengecatan kubah enamel dilakukan dengan cara powder coating yang mampu bertahan selama 15 tahun di bawah musim hujan dan panas. Sedangkan jenis galvalum hanya mampu bertahan dalam waktu 5 tahun saja. Setelah itu cat akan memudar dan berbuah menjadi hitam.

Perbedaan kubah enamel dan kubah galvalum terakhir adalah dilihat dari segi harga. Sudah tentu kubah jenis enamel memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kubah galvalum. Perbedaan harga ini bisa 30-50% tergantung desain dan ukuran kubah yang Anda butuhkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan kubah enamel dan kubah galvalum, jika Anda memang menginginkan kubah yang berkualitas ada baiknya Anda memilih jenis enamel. Namun tentu semua itu sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Jika Anda sudah cukup puas dengan jenis kubah galvalum, maka Anda bisa memilihnya dengan pertimbangan yang matang.

Nilai Kualitas Konten